Jenderal TNI Gator Nurmantyo Membentuk Tim Siber TNI Bekerja Untuk Tugas Pokok TNI

Sebagai institusi negara yang harus mengikuti perkembangan teknologi maka Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengambil langkah untuk membentuk Tim Siber TNI. Telah resmi dilantik di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Jum'at tanggal 13 Oktober 2017.

Dengan cepatnya perkembangan teknologi informasi membuat TNI harus mengikutinya dengan segala cara untuk antisipasi dengan menciptakan sumber daya IT di lingkungan dalam TNI, untuk menangkal gangguan, penyalahgunaan, serta pemanfaatan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab. 


Poto oleh: tni.mil.id


Terbentuknya Tim Siber ini lingkungan TNI mampu mengadopsi IT yang cukup memadaai dan pada saat sekarang ini sudah mulai ada ancaman yang berkaitan pemanfaatan teknologi informasi sehingga TNI mempunyai solusi terbaik, begitu keterangan yang disampaikan oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Langkah yang sangat tepat diambil oleh Jenderal TNI Gatot Nirmantyo bahwa perubahan dan perkembangan teknologi informasi mengharus TNI untuk mempunyai kemampuan yang memadaai terhadap pertahanan siber dengan meningkatkan daya tangkal yang memadaai serta mencegah timbulnya serangan siber terhadap TNI dan di lingkungan Pertahanan Siber Nasional.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menambahkan bahwan, negara Indonesia merupakan salah satu yang mempunyai dampak terhadap kejahatan siber harus perlu diperkuat pertahan siber untuk menangkal kejahatan tersebut.

Pada waktu yang bersamaan juga beliau menekankan bahwa satuan kerja Siber TNI ini dapat mampu menjamin ketahanan Tim Siber TNI sendiri dan juga dapat melaksanakan tugas pokok TNI lainnya. Untuk menjaga sumber daya IT ini agar TNI terlindungi dari berbagai macam ganguan dan penyalahgunaan serta pemanfaatan oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggung-jawab.

Perlindungan terhadap data serta informasi yang cukup strategis ini dapat menangkal ganguan serta ancaman, dan mampu membangun kapasitas kerja pertahanan Siber TNI lebih kuat. Akhirnya dapat menangkal kejahatan siber tersebut adanya tindak serta pemulihan juga menyertai.

Sumber: tni.mil.id

Comments